Sistem Informasi Manajemen

 PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Saat ini persaingan dalam dunia bisnis terasa semakin ketat, hal tersebut juga dapat dirasakan di Indonesia. Kenyataan tersebut dapat kita lihat dari banyaknya usaha pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan yang ada untuk mendapatkan hasil penjualan yang setinggi-tingginya, memperoleh pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Selain itu kondisi pasar juga semakin terpecah-pecah, daur usia produk semakin pendek, dan adanya perubahan perilaku konsumen membuat pemasaran semakin penting.

Dengan lingkungan yang ketat persaingan ini, konsumen memiliki peluang yang sangat luas untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya sehingga konsentrasi pemasaran tidak lagi hanya bagaimana produk itu dapat sampai kepada konsumen tetapi lebih fokus kepada apakah produk itu telah dapat memenuhi permintaan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Untuk memenuhi hal ini, sebuah perusahaan harus mampu menyediakan produk yang mutunya lebih baik, harganya lebih murah, informasi lebih cepat dan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya. Perusahaan tidak lagi hanya memikirkan keuntungan semata tetapi mulai memperhatikan sektor potensial lainnya yang dapat mempertahankan atau meningkatkan pendapatan sehingga kepentingan pelanggan pun menjadi perhatian utama. Karenanya berbagai upaya dilakukan agar hubungan pelanggan dengan perusahaan berjalan dengan baik.

 Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam pola pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen baik pada tingkat operasional (pelaksana teknis) maupun pimpinan pada semua jenjang. Perkembangan ini juga telah menyebabkan perubahan-perubahan peran dari para manajer dalam pengambilan keputusan, mereka dituntut untuk selalu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini yang dapat digunakannya dalam proses pengambilan keputusan.

Meningkatnya penggunaan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa setiap orang dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat, berkualitas dan tepat waktu.

Oleh karena itu, teknologi informasi sudah menjadi alat dalam proses bisnis perusahaan yang dapat membuat aliran informasi berjalan cepat baik secara internal maupun eksternal. Peranan teknologi informasi diantaranya dalam meningkatkan produktifitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan kualitas, meningkatkan kreatifitas, serta sebagai alat dalam pemecahan suatu masalah.

 

1.2     Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka diperoleh rumusan permasalahan, Bagaimana paradigma pendayagunaan Teknologi Informasi & Sistem Informasi pada PT Astra Honda Motor (AHM)?

 1.3       Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menganalisa, mengidentifikasi dan mengulas paradigma pendayagunaan teknologi informasi dan sistem informasi yang terjadi di PT Astra Honda Motor (AHM) untuk kemudian dirumuskan strategi sistem informasi yang tepat untuk diterapkan pada manajemen PT Astra Honda Motor (AHM). Sistem informasi ini nantinya diharapkan dapat mendukung strategi bisnis PT Astra Honda Motor (AHM), proses bisnis, struktur dan budaya PT Astra Honda Motor (AHM) dalam meningkatkan nilai bisnis dari PT Astra Honda Motor (AHM) khususnya dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN TUNGGU SETELAH LEBARAN…………. TERIMAKASIH

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply


Refresh



*